Sebuah promosi yang dilakukan dengan benar, akan mampu membawa pelanggan/calon pelanggan keluar dari titik jenuh untuk tertarik dengan produk /jasa yang Anda tawarkan, dan pada akhirnya akan segera mengambil keputusan terbaik.
Bagaimana akhirnya calon pelanggan bisa tertarik pada promosi yg Anda lakukan dan akhirnya mampu meningkatkan penjualan kita? Nah, yukkk simak 3 langkah yang bisa Anda lakukan ini…
1. TENTUKAN TARGET DARI PROMOSI ANDA
Seperti yang kita ketahui bersama, jarang terjadi sebuah promosi dapat langsung menyelesaikan semua tujuan. Setuju?
Seperti yang kita ketahui bersama, jarang terjadi sebuah promosi dapat langsung menyelesaikan semua tujuan. Setuju?
Namun, tak usah fokus kesananya. Yuk coba kita lakuakan hal terpenting dari sebuah promosi, yaitu dengan menentukan targetnya itu sendiri meliputi kesesuaian produk dg calon buyer, timing, dll.
Setelah menentukan target pasar dan pencapaian promosi dengan detil dan serius, cobalah tanyakan pada diri Anda sendiri :
“Jika saya menawarkan sebuah promosi, apakah target promosi itu akan merespon?”
Jika Anda yakin dengan jawaban “Ya!”, lanjutkan ke langkah berikutnya ya…
2. PILIH CARA BERPROMOSI YANG EFEKTIF
Terdapat beberapa cara melakukan promosi, dan secara garis besar dapat di bagi menjadi 3 bagian :
• Penawaran harga, termasuk diskon dan kupon atau berupa nilai tambah lain.
• Sampel atau Tester yang memudahkan calon pelanggan untuk mencoba produk Anda.
• Sebuah Acara/Event yang meningkatan antusiasme, penjualan, dan publisitas.
• Penawaran harga, termasuk diskon dan kupon atau berupa nilai tambah lain.
• Sampel atau Tester yang memudahkan calon pelanggan untuk mencoba produk Anda.
• Sebuah Acara/Event yang meningkatan antusiasme, penjualan, dan publisitas.
Ketika Anda memutuskan cara berpromosi yang Anda pilih, selalu perhatikan beberapa contoh ini:
• Penawaran harga harus dapat menarik perhatian pelanggan dan masuk akal untuk mempertahankan bisnis Anda. Hindari diskon 10-20 persen yang membosankan, tetapi hindari juga diskon yang terlalu besar kecuali hal itu membuat pelanggan ikut mempromosikan bisnis Anda, menghasilkan penjualan yang lebih tinggi, dan menarik pelanggan baru ke dalam bisnis Anda.
• Kupon selalu bisa membuat pembelian kembali, dan cara ini cukup populer. Kupon cetak masih yang paling banyak beredar, namun kupon didistribusikan di media online (situs / e-mail) juga dapat menguji seberapa jauh promosi ini berjalan baik sebelum Anda mencoba dengan media lain.
• Sampel/ Tester selalu memberi efek positif pada produk Anda. Memberikan pengalaman “mencoba sebelum membeli” kepada setiap calon pelanggan. Kuncinya adalah membuat sampel yang menarik sehingga dapat memikat hati pelanggan untuk membeli produk yang sebenarnya.
3. YAKIN DAN MENGETAHUI PENCAPAIAN PROMOSI
Promosi bekerja sangat baik ketika konsumen langsung merasakan kebutuhan akan sebuah produk dan segera mengambil keputusan untuk membeli.
Untuk mencapai hal tersebut, yang terpenting di awal adalah perjelas target penjualan yang ingin Anda capai, atur jumlah penjualan yang Anda ingin buat, dan berapa profit Anda ingin hasilkan, berapa banyak database pelanggan Anda ingin kumpulkan, bagaimana pola penjualan Anda ingin optimalkan, atau tujuan lain yang Anda inginkan tercapai.
Nah, sudah semakin mantap untuk Action kan teman-teman? Boleh diterapkan ya…
Semoga bermanfaat ya....